Program Harvest International Curriculum

Trimester 1


Kuliah Kehidupan Supernatural Sesi 9 dari 10



Topik Umum: Kehidupan Dalam Roh Dan Kesembuhan Melalui Karunia-Karunia Roh Kudus


Topik Sesi 9: Mengucapkan Kata-Kata Penyembuhan

Bagian 1: Daftar Ayat Renungan:

Yesaya 57 : 18-19 “Aku telah melihat segala jalannya itu, tetapi Aku akan menyembuhkan dan akan menuntun dia dan akan memulihkan dia dengan penghiburan; juga pada bibir orang-orangnya yang berkabung. Aku akan menciptakan puji-pujian. Damai, damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat — firman TUHAN — Aku akan menyembuhkan dia!”


Kisah Para Rasul 3 : 1-9 “Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah. Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah. Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah. Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami." Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka. Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu. Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah. Seluruh rakyat itu melihat dia berjalan sambil memuji Allah”


Matius 8 : 5-8 “Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: “Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.” Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.” Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.”

Bagian 2: Topik Kuliah

Pendahuluan Kata-kata yang kita ucapkan memiliki kuasa. Bila kita mengucapkan kalimat negatif, maka perkataan itu dapat membawa kehancuran. Amsal 18 : 4 “Perkataan mulut orang adalah seperti air yang dalam, tetapi sumber hikmat adalah seperti batang air yang mengalir.” Amsal 18 : 7 “Orang bebal dibinasakan oleh mulutnya, bibirnya adalah jerat bagi nyawanya.” Firman mengajar perkataan yang kita ucapkan dapat melepaskan baik kuasa kematian atau juga kuasa kehidupan. Amsal 18 : 20-21 “Perut orang dikenyangkan oleh hasil mulutnya, ia dikenyangkan oleh hasil bibirnya. Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.”


Dalam pelajaran sesi yang lalu, kita tentang iman. Iman itu seolah-olah berbicara kepada kita untuk segera bertindak. seperti iman dari wanita yang menderita pendarahan. Ketika iman berbicara, hal-hal yang luar biasa terjadi. Iman bisa mendorong kita menumpangkan tangan kepada orang sakit. Dan setiap kali kita bertindak berdasarkan iman, kita sesungguhnya sedang melepaskan kuasa Allah untuk mengalir. 1. Menyembuhkan dalam Nama Tuhan Yesus. Filipi 2 : 9-11 “Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!”


1.A. Hak untuk menggunakan nama Tuhan Yesus. Semua penyakit memiliki nama, misalnya kanker atau radang. Namun, nama Tuhan Yesus adalah nama di atas segala nama. Ketika kita menyebut nama Tuhan Yesus dengan iman, semua penyakit akan tunduk pada namaNya. Tuhan Yesus memberi kita hak untuk menggunakan nama-Nya. Yohanes 14 : 14 “Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

1.B. Contoh orang lumpuh disembuhkan dalam nama Tuhan Yesus. Kisah Para Rasul 3 : 6-8 “Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!” Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu. Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah.” Kunci kesembuhan orang lumpuh ini adalah pada iman Petrus dan Yohanes di dalam nama Tuhan Yesus. Kisah Para Rasul 3 : 16 “Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus, maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.”


2. Menyembuhkan dengan mengusir roh-roh penyebab kelemahan. Iblis yang datang untuk mencuri, membunuh dan membinasakan adalah pribadi yang seringkali menugaskan roh-roh jahat untuk membawa penyakit, wabah atau kematian kepada umat manusia. Lukas 13 : 11-13 “Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak. Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: “Hai ibu, penyakitmu telah sembuh.” Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu dan memuliakan Allah.”

2.A. Tuhan Yesus menyembuhkan dengan mengusir roh jahat. Lihat Kisah Para Rasul 10 : 38 “yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai lblis, sebab Allah menyertai Dia.” Berikut adalah beberapa contoh-contoh di Alkitab bagaimana Yesus mengusir roh jahat yang menyebabkan gangguan kesehatan:

2.A.1. Roh penyebab bisu: Matius 9 : 32-33a “Sedang kedua orang buta itu keluar, dibawalah kepada Tuhan Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. Dan setelah setan itu diusir, dapatlah orang bisu itu berkata-kata.”

2.A.2. Roh penyebab tuli dan bisu: Markus 9 : 25b - 26a “Ia menegor roh jahat itu dengan keras, kata-Nya : "Hai kau roh yang menyebabkan orang menjadi bisu dan tuli, Aku memerintahkan engkau, keluarlah dari pada anak ini dan jangan memasukinya lagi!” Lalu keluarlah roh itu sambil berteriak dan menggoncang-goncang anak itu dengan hebatnya.”

2.A.3. Roh penyebab penyakit ayan: Matius 17 : 18 “Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga.”

2.A.4. Roh penyebab buta dan bisu: Matius 12 : 22 “Kemudian dibawalah kepada Yesus seorang yang kerasukan setan. Orang itu buta dan bisu, lalu Yesus menyembuhkannya, sehingga si bisu itu berkata-kata dan melihat.”


2.B. Mengapa ada pelayanan penyembuhan dengan mengusir roh jahat. Ada beberapa tipe penyakit di mana dunia kedokteran tidak bisa menjelaskannya dan menyembuhkannya. Kebanyakan dari penyakit-penyakit ini disebabkan oleh roh-roh kelemahan. Dengan menggunakan karunia membedakan roh, kita dapat mengindentifikasikan dan mengusir mereka. Ingat kembali di Markus 16 : 17a yang berkata: “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orangyang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku.” Yesus telah memberikan kunci untuk mengikat dan melepaskan apapun di dunia ini. Matius 16 : 19 “Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” Dengan kuasa ini, kita dapat berkata kepada iblis: "Iblis, aku mengikatmu dalam nama Tuhan Yesus. Roh penyakit kanker, aku perintahkan dalam nama Tuhan Yesus, keluarlah!"


3. Melakukan mujizat lewat perkataan. Tuhan menciptakan kita melalui kata-kata yang diucapkan dari mulut-Nya. Kita juga dapat melakukan keajaiban dengan kata-kata yang kita ucapkan dengan iman dalam nama Tuhan Yesus.

3.A. Yesus anugerahkan kuasa-Nya untuk pelayanan kesembuhan. Banyak yang berkata : "Lalatpun tidak bisa kusembuhkan." Tetapi Tuhan Yesus berkata dalam Yohanes 14 : 12 "Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.” Tuhan Yesus dengan kuasa berkata kepada pria yang mati sebelah tangannya dalam Markus 3 : 5b "Ulurkanlah tanganmu!". Dan ia mengulurkannya, maka sembuhlah tangannya itu.” Setelah itu Tuhan Yesus memberikan kuasa yang sama ini kepada murid-muridNya untuk pelayanan kesembuhan. Matius 10 : 1 “Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan unluk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.” Tuhan Yesus lalu melanjutkannya dengan perintah di Matius 10 : 8 "Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma."

3.B. Kita bisa perintahkan gunung untuk tercampak. Markus 11 : 22-23 “Yesus menjawab mereka : "Percayalah kepada Allah! Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.” Dalam pelayanan penyembuhan, seringkali penyakit yang tidak dapat disembuhkan itu seperti gunung yang tidak dapat dipindahkan. Ayat ini memerintahkan kita untuk berkata pada gunung sakit penyakit tersebut: “Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut!” Berkata-kata dalam iman adalah untuk memerintah dengan otoritas. Ayat ini tidak mengatakan bahwa kita mendoakan gunung ini untuk bergerak. Berdoa memang tetap perlu dan sangat penting. Kita boleh tetap berdoa dan meminta kepada Allah untuk kesembuhan. Akan tetapi ayat yang mengajarkan iman di atas mendorong kita untuk berkata-kata langsung kepada gunung tersebut. Dalam pelayanan penyembuhan Yesus atau pelayanan penyembuhan oleh para Rasul kesembuhan umumnya datang bukan dengan mendoakan orang-orang, tetapi dengan tindakan iman dan perkataan. Hari ini Tuhan Yesus sedang berkata kepada setiap orang percaya yang dipenuhi Roh bahwa Yesus telah memberikan otoritas Nama-Nya, kuasa Roh-Nya, dan juga otoritas serta kuasa untuk mengucapkan Fiıman-Nya. Sembuhkanlah orang sakit! Tumpangkan tanganmu di atas orang sakit dan mereka akan sembuh.


4. Kesembuhan lewat Firman Tuhan. Mazmur 107 : 20 “disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka, diluputkan-Nya mereka dari liang kubur.”


4.A. Mengucapkan Firman dengan iman. Kita mengucapkan Firman bukan hanya dengan keberanian, tetapi keberanian yang berlandaskan iman. Maka saat Firman diucapkan kita akan mendapatkan hasilnya. Yesaya 55 : 10-11 “Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak akan kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.” Roma 10 : 8-11 “Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Itulah firman iman, yang kami beritakan. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

4.B. Ucapan Firman dengan otoritas. Matius 8 : 5-8 “Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: “Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.” Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.” Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.” Salah satu rahasia terbesar dari kuasa kesembuhan adalah iman yang mengerti konsep otoritas. Si perwira Romawi mengerti otoritas itu, karena ia sendiri ada dalam otoritas militer. Ia paham bahwa kesembuhan hambanya yang sakit bisa terjadi berdasarkan otoritas yang Yesus miliki. Matius 8 : 10 “Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah la dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya. "’Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel.’"


Ketika melayani penyembuhan kita mengucapkan Firman dengan iman dan otoritas. Jangan lupa kita juga menyerukan nama Tuhan Yesus! Kita akan memerintahkan roh-roh kelemahan untuk keluar! Kita akan menyaksikan keajaiban-keajaiban dari Firman Allah. Tindakan iman seperti ini yang menyebabkan kuasa dari Yesus mengalir!

Bagian 3: Diskusi Kelompok:

1. Jelaskan kembali, apa artinya menyembuhkan dalam nama Yesus? 2. Jelaskan dengan kata-kata anda sendiri tentang konsep otoritas yang Tuhan Yesus berikan kepada kita dalam pelayanan kesembuhan dan mengusir roh-roh jahat.


3. Menurut anda manakah yang lebih efektifm penyembuhan orang sakit dengan perkataan langsung atau penyembuhan melalui doa?