Program Harvest International Curriculum


Trimester 1


Dasar-Dasar Iman Sesi 1 dari 6


Topik Sesi 1: Alkitab adalah Firman Allah, dan Pengajaran Tritunggal


Bagian 1: Daftar Ayat Renungan

2 Timotius 3 : 16-17 “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

2 Petrus 1 : 20-21 “Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.”

Mazmur 19 : 8-9 “Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.”

Yesaya 55 : 7-11 “Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya. Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.”


Bagian 2: Topik Kuliah

Latar belakang pengajar sesi ini: Sesi ini diajarkan oleh Pastor Bayless Conely, seorang hamba Tuhan, gembala, dan pendiri dari gereja non-denominasi Cottonwood di dekat Los Angeles, Amerika Serikat. Beliau telah mengajarkan Injil lewat siaran TV sejak 1984 dalam program “Answers with Bayless Conley.” Beliau juga adalah penulis banyak sekali buku-buku rohani.


Pendahuluan:

Alkitab terdiri dari 66 kitab yang secara keseluruhan memiliki berbagai jenis bentuk penulisan seperti tulisan surat, sejarah, cerita atau naratif, puisi epik, lirik lagu, dan juga tulisan tentang apokalipse. Allah yang menyusun dan menuliskan buku ini lewat orang-orang pilihanNya dalam kurun waktu selama lebih dari 1500 tahun, yaitu dari sekitar tahun 1400 Sebelum Masehi hingga tahun 100 Masehi. Penulis Alkitab terdiri dari gembala, nelayan, prajurit, imam, nabi, raja, ahli fisika, orang-orang pandai, dan lainnya. Buku ini telah mempengaruhi dan menyatukan setiap generasi dari budaya, bangsa, dan keturunan yang berbeda ke dalam kasih Allah.


1. Alkitab adalah Firman Allah.

2 Timotius 3 : 16-17 “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

1.A. Alkitab diilhamkan oleh Allah sendiri.

1.A.1. Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru datang dari Allah. 2 Petrus 1 : 20-21 “ Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.”

1.A.2. Alkitab adalah kebenaran karena Alkitab berasal dari Allah. Mazmur 19 : 8-9 “Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.”

1.B. Alkitab adalah Hukum dan Penuntun hidup.

1.B.1. Alkitab adalah pedoman utama bagi manusia untuk menjalani dan menikmati hidup ini.

1.B.2. Firman Allah itu bermanfaat (2 Timotius 3 : 16-17).

1.B.3. Karena Alkitab adalah Firman Allah, maka Alkitab harus menjadi bagian terutama dalam hidup manusia.

1.C. Alkitab berisikan pikiran Allah sendiri (Yesaya 55 : 7-11).

1.C.1. Allah dan FirmanNya adalah satu. Yohanes 1: 1 “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

1.C.2. Sebagaimana Allah tidak pernah berubah, demikian juga Firman juga tidak berubah. 1 Petrus 1 : 24-25 "Segala yang hidup adalah seperti rumput, dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput; Rumput layu dan bunganya gugur, tetapi, firman Tuhan tetap selama-lamanya." Mazmur 33 : 10-11 “TUHAN menggagalkan rencana bangsa-bangsa; Ia meniadakan rancangan suku-suku bangsa; tetapi rencana TUHAN tetap selama-lamanya, rancangan hati-Nya turun-temurun.”

1.C.3. Firman Allah itu sempurna. Mazmur 12 : 7 “Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.”

1.D. Firman Allah memiliki kuasa.

1.D.1. Firman Allah mengakibatkan pertumbuhan jiwa.

1.D.2. Firman Allah memberikan kemerdekaan dan menjadikan kita murid Yesus, jika kita mau mengenal Dia. Yohanes 8 : 31-32 “Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: ‘Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.’"

1.D.3. Firman Allah menghasilkan iman. Roma 10 : 17 “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”

1.D.4. Firman Allah mengubah pikiran kita dan menyebabkan perubahan dalam hidup kita. Roma 12 : 1-2 “Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

1.E. Firman Allah menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk kehidupan rohani dan pertumbuhan hidup Kekristenan. Matius 4: 4 “Tetapi Yesus menjawab: ‘Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.’"

1.E.1. Firman Allah mengandung janji untuk segala sesuatu yang kita perlukan. 2 Petrus 1 : 3-4 “Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.”

1.E.2. Allah berbicara kepada kita melalui Firman-Nya. Ia juga bekerja dalam hati dan pikiran kita melalui Firman-Nya. 1 Tesalonika 2 : 13 “Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi — dan memang sungguh-sungguh demikian — sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.”

1.E.3. Firman Allah memberikan solusi bagi semua persoalan hidup. 2. Tritunggal: Satu Allah dalam Tiga Pribadi.

2.A. Kekristenan percaya pada Satu Allah. Ulangan 6 : 4 “Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Yesaya 43 : 10-11 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. Yesaya 44 : 8 Jangan takut dan jangan ragu. Bukankah Aku telah memberitahukan kepadamu sejak lama dan telah menyerukannya? Kamu adalah saksi-saksi-Ku. Adakah allah lain selain Aku? Tidak ada Gunung Batu yang lain; Aku tahu tidak ada." Alkitab menyatakan hanya ada satu Allah. Sedangkan allah-allah lain adalah perwujudan dari Iblis.

2.B. Satu Allah menyatakan diri-Nya dalam tiga pribadi.

2.B.1. Pada mula penciptaan Allah berfirman “Marilah Kita.”Kejadian 1 : 26 “Kemudian, Allah berkata, ’Marilah sekarang Kita membuat manusia menurut gambar Kita, dalam keserupaan Kita. Dan, hendaklah mereka berkuasa atas semua ikan di laut, burung-burung di udara, atas semua binatang ternak, dan semua binatang melata yang merayap di bumi.’"

2.B.2. Terkadang Allah menyatakan diriNya dalam bentuk jamak. Saat kisah menara Babel, Allah berkata “Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing." Yesaya 6 : 8 “Setelah itu, aku mendengar suara Tuhan, berfirman, ’Siapa yang akan Kuutus? Siapa yang mau pergi untuk Kami?" Lalu, aku menjawab, "Ini aku. Utuslah aku!’"

2.B.3. Tritunggal Allah meliputi: Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus. Matius 28 : 19-20 “Karena itu, pergilah dan muridkanlah semua bangsa, baptiskanlah mereka dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus, ajarkanlah mereka untuk menaati semua yang Aku perintahkan kepadamu; dan lihatlah, Aku selalu bersamamu, bahkan sampai kepada akhir zaman."

2.B.4. Saat Yesus dibaptis ketiga pribadi Allah hadir dan nyata. Roh Kudus turun atas Yesus dalam rupa burung merpati. Lalu ada suara dari surga yang berkata “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

2.C. Alkitab menyebutkan setiap Pribadi dari Allah Tritunggal secara jelas.

2.C.1. Yesus disebut Tuhan. Yohanes 1 : 1 “Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” Yohanes 14 : 6-7 “Yesus berkata kepadanya, ’Akulah jalan, dan kebenaran, dan kehidupan. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Jika kamu telah mengenal Aku, kamu juga telah mengenal Bapa-Ku; mulai sekarang, kamu telah mengenal Bapa dan telah melihat Dia.’"

2.C.2. Roh Kudus disebut Tuhan. Ananias berdusta kepada Roh Kudus sama dengan mendustai Tuhan sendiri Kisah Para Rasul 5 : 3-4 “Tetapi Petrus berkata: ‘Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.’" Bagian 3: Diskusi Kelompok

1. Bagaimana Firman Allah dapat membantu pertumbuhan rohani anda?

2. Jelaskan dengan kata-kata anda sendiri tentang konsep Tritunggal. 3. Yesus adalah Immanuel yang berarti Allah beserta kita. Diskusikan bagaimana anda yakin bahwa Yesus itu adalah Allah itu sendiri?